Hukum menjual Daging & Kulit Hewan Qurban! Yg Wajib diketahui...


Portal Ummat - Perhatian buat para Shohibul qurban (orang yang berkurban) ada hal yang harus kalian ketahui :

1. Boleh menikmati sebagian daging hewan yang dikurbankan.
2. Tidak boleh menjual bagian tubuh hewan kurbannya walaupun sedikit, baik dagingnya maupun kulit hewan yang dikurbankan.

Sabda Nabi dari Abu Hurairah yang berbunyi:

مَنْ بَاعَ جِلْدَ أُضْحِيَتِهِ فَلاَ أُضْحِيَةَ لَهُ

Barangsiapa menjual kulit hewan qurbannya, maka tiada qurban sedikitpun baginya.

Qurban adalah ibadah sosial, artinya hewan yang dipotong itu untuk kepentingan umum, bukan untuk kepentingan pribadi. Sehingga seluruh daging, tulang, gajih, jerohan, bahkan air susunya, kalau hewan qurban itu betina dan bunting lalu melahirkan, adalah untuk umum, termasuk anaknya. Utamanya untuk kaum fuqara’ wal masakin. Dan yang bersangkutan, dalam hal ini, mudhahhi (orang yang berqurban) hanya boleh memakan sebagian.

Demikian sebagaimana ditegaskan dalam firman Allah: “Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rizki yang Allah telah diberikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebagian mnya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir, orang yang sudah merasa cukup, dan yang meminta-minta”. (Qs al-Hajj 28, 36).

Terkait masalah kulit hewan qurban, pangkal masalahnya pada beberapa hadits berikut. Sahabat Qatadah meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad saw bersabda:

Makanlah sebagian dari qurban itu sesukamu, dan jangan kamu jual daging-daging hadyu dan daging-daging qurban, tetapi makanlah, sedekahkanlah dan manfa’atkanlah kulit-kulitnya dan jangan kamu jual; dan jika kamu hendak  memberikan makan kepada orang lain dari dagingnya, maka makanlah jika kamu suka. (HR Ahmad)

Boleh menjual...
"Tetapi, kalau dikembalikan  pada masalah sedekah, bahwa jika barang sedekah itu sudah di tangan penerimanya, semisal fakir miskin, maka fakir miskin itu berhak untuk melakukan apa saja, misalnya menjual atau memberikan kepada orang lain.”

0 Response to "Hukum menjual Daging & Kulit Hewan Qurban! Yg Wajib diketahui..."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel